Sunday, September 7, 2014

Optimasi Kontent Sebagai Penentu Posisi di SERP


SEO Memanglah sangat berguna bagi situs / blog dimata Search Engine setelah mengetahui Manfaat SEO Bgi Blog maka anda pasti akan serius belajar SEO, dan pada artikel ini saya akan sedikit mengulas Teknik SEO jadul yang masih sangat bermanfaat dan harus anda terapkan di saat ini dimana Teknik SEO Terbaru baik itu untuk blogspot.com Wordpress.com maupun Platform blogger lainnya bahkan Domain TLD bisa kita terapkan dan terbukti efektif sampai sekarang, yaitu Optimasi Kontent dimana dari dulu sampai sekarang kontent blog /website sangat berperan penting buat blog / website tersebut.Dimana setelah Anda mendapatkan sebuat kata kunci ( bisa dalam bentuk long tail keyword yang masih sedikt tingkat persaingannya atau sebaliknya terserah anda dan sesuaikan dengan Tema Blog maupun nama Domain incaran Anda), maka selanjutnya yang harus Anda lakukan Adalah membeli sebuah domain dengan TLD .com , .org atau .net , .biz dsb (jika anda ingin langsung terjun ke dunia online profesional, jika hanya ingin mencoba maka bisa anda pakai subdomain yang bisa anda dapatkan secara gratis :-D ). Jika Anda ingin langsung fokus maka saya sarankan untuk menggunakan Domain .com karena focus kita bukan hanya membangun blog tapi kita akan menjadikan blog kita sebagai “Site Authority” untuk niche (kata kunci) yg kita targetkan, sehingga blog kita akan lebih mudah untuk mendominasi kata Kunci apapun yang berhubungan dengan niche website yang telah kita pilih sebelumnya.

Untuk mendapatkan Domain TLD pstinya Anda sudah faham dan tidak usah saya sebutkan dimana membelinya :-D Saat memilih Domain yang perlu diperhatikan saat menentukan nama domain adalah kata kunci Anda harus terdapat didalam domain pilihan Anda, untuk keterangan selengkapnya soal memilih, menentukan kata kunci yang sesuai dengan Domain (sebaliknya) nanti jika tidak ada halangan akan saya buatkan Artikel sendiri. Kita lanjut ke pokok pembahasan sebelumnya, kenapa harus terdapat kata kunci didalam Domain yang kita pilih, Why ?

(Tepuk jidat :-D) Fokus Fokus min Admin Gubrak luu..........

Karena saat kita membangun sebuat blog / website itu bisa di ibaratkan seperti kita membangun sebuah pabrik, dan domain adalah nama pabrik kita, jika nama pabrik kita "PT. Enggal Subur Kertas" (Enggal = cepat Subur = subur Kertas = Ketas dalam bhs Jawa menurut penafsiran dmin hhhahahha..... sekalian promo tempat kerja mas brow.... ) maka dinilai dari namanya dan secara logika, pasti yang kita produksi dan jual adalah Produk kertas baik itu kertas jadi atau barang lain yang berhubungan dengan produksi kertas sesuai gramatur hehehehe.... dan tidak mungkin kan kita membuat produk gelas atau keramik nahkan tidak mungkin lagi pabrik kita tadi yng memiliki nama "Enggal Subur Kertas" memproduksi pesawat Terbang hehehehe...... oleh karena domain sangat berperan pada pembeli baru untuk terpikat dan menentukan apa yang akan mereka pilih di hasil penelusuran mesin pencari, domain mencerminkan Identitas atau Brand yang pabrik kita dan apa yang kita produksi.

Setelah selesai menentukan Domain yang Tepat bagi situs kita selanjutnya menentukan Hosting, jika anda ingin serius dan profesional maka jangan menggunakan free hosting dari blogger atau wordpress, maka untuk kali ini saya menyarankan untuk menggunakan "Self Hosting" baik Shared Web Hosting, VPS atau Dedicated Server. Karena disini kita akan menginstall engine Wordpress untuk blog kita. Mengapa saya pilih wordpress. Hal pertama adalah pengguna CMS Wordpress sangat banyak, sehingga akan ada banyak developed yang akan mengembangakan sitem pendukung kerja CMS wordpress tersebut dalam hal ini misalnya plugin yang akan terus berkembang sehingga kerja optimasi kita akan sangat mudah dan tidak usah mengeluarkan tambahan dana untuk Jasa SEO situs baru kita tsb. Setelah membeli domain, kemudian membeli hosting dilanjutkan dengan menginstal Wordpress sebagai engine, selanjutnya saya akan menyarankan Anda melakukan pengaturan untuk engine situs anda tadi. Hal pertama untuk melakukan pengaturan adalah menginstal beberapa plugins penting bagi situs , misalnya :
  • All in One SEO pack (untuk Versi Pro) atau WP SEO (untuk versi gratis)
  • Google xml sitemap
  • Easy Privacy Policy
  • WP-Policies
  • w3-total-cache (karena kita akan membangun sebuah “Site Authority” maka trafik yang tinggi akan kita dapatkan nanti akan banyak, maka perlu kita install W3 cache agar pengunjung yang berkunjung tidak bosan karena terlalu lama membuka blog Anda nantinya, selain disukai pengunjung situs yang loadingnya cepat juga disukai Search EngineM
  • seo-image
  • pc-robots.txt
  • wp-noexternallinks
  • wp-insert
Sebenarnya masih sangatlah panjang jika membahas tentang Optimasi Kontent namun berhubung sudah capek maka kita lanjutkan pada episode selnjutnya ya hehehehe......

No comments:

Post a Comment